Kamis, 02 September 2010

TUGAS GENETIKA

TUGAS GENETIKA

(KELAS A DAN B)

PETUNJUK :

Jawaban dikirim via email metiindrowati@gmail.com dengan mencantumkan identitas (mata kuliah,kelas (A/B), nama, nim) sebagai judul.

Contoh : Genetika/A/Fulan/K4308056

Jawaban diterima paling lambat Senin 6 September 2010 jam 12.00 WIB

===============================================================

SOAL TIPE I : Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat.

1. Anda dapat menggunakan rumus binomiun dengan bantuan segitiga Pascal dalam mencari nilai kemungkinan dari kasus berikut ini. Sepasang kelinci jantan dan betina memiliki 6 ekor anak. Bagaimana kemungkinan anak-anak kelinci tersebut terdiri dari :

  1. 3 ekor jantan dan 3 ekor betina
  2. 2 ekor jantan dan 4 ekor betina
  3. 6 ekor betina

2. Jika separoh dari anak-anak ayam berjengger kacang dan separoh lainnya berjengger walnut, bagaimanakah kemungkinan genotip dan fenotip kedua jantan dan betinanya ?

3. kelainan bisu tuli pada manusia merupakan salah satu contoh peristiwa interaksi gen yang disebabkan adanya gen resesip rangkap. A) apa yang dimaksud dengan gen resesif rangkap ? b) Jika dalam suatu keluarga separoh anaknya normal sedang separoh lainnya bisu tuli, bagaimana kemungkinn genotip dan fenotip sang ayah apabila ibu dari anak-anak tersebut normal !

4. Suatu tanaman dibiarkan menyerbuk sendiri. Setelah tanaman ini menghasilkan biji kemudian bijinya ditanam, didapat keturunan yang terdiri dari 72 tanaman berbunga ungu, 28 berbunga merah dan 28 berbunga putih. Dalam hal ini terdapat dugaan terjadi peristiwa epistasi resesif dengan perbandingan keturunan tidak sesuai perbandingan klasik Mendel yaitu 9:3:3:1 melainkan 9:3:4.

a) Coba Anda gunakan uji X2 guna membuktikan apakah hasil persilangan ini dapat dipercaya kebenarannya ?

b) Apa yang Anda ketahui tentang epistasis baik itu epistasis dominan dan epistasis resesif ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar